DPC PKS Pakem Mendukung Kebijakan Fraksi PKS Menolak Kenaikan Harga BBM dan Menolak Ayat 6A

Written By -admin- on Sabtu, 31 Maret 2012 | 06.34

Rapat paripurna DPR RI yang dimulai sekitar jam 21.00 diwarnai dengan perdebatan yang panjang. Setidaknya ada 2 opsi yang ditawarkan oleh pimpinan DPR RI Marzuki Alie terkait kenaikan harga BBM yaitu pertama tidak ada penambahan ayat pada pasal 7, kedua ada tambahan ayat pada pasal 7 yaitu ayat 6A yang berisi "Pemerintah berhak atau berwenang untuk menaikkan harga BBM tanpa harus meminta persetujuan DPR dengan syarat jika terjadi kenaikan ICP 15% dari asumsi kenaikan harga minyak, dihitung 6 bulan dari saat keputusan di ambil".

Penambahan ayat 6A ini menuai banyak interupsi dari anggota dewan terhormat, karena terkesan multitafsir dan memberikan kewenangan pemerintah untuk menentukan harga sendiri dan menyesuaikan harga minyak mentah dunia yang dalam pandangan beberapa anggota sama saja melepaskan harga minyak pada mekanisme pasar.

Dari polemik di atas, akhirnya PKS memberikan sikap tegasnya setelah mempertimbangkan banyak hal yaitu "BBM tidak boleh naik, dan pemerintah wajib mempertahankan harga minyak dengan memberikan subsidi karena perlindungan merupakan kewajiban negara kepada rakyatnya". PKS memilih "Tidak sepakat penambahan ayat 6A dan Menolak dengan Tegas Kenaikan Harga BBM".

Atas pertimbangan di atas, kami DPC PKS Pakem mendukung kebijakan tersebut dengan alasan:
  1. Melihat kondisi masyarakat miskin yang memang belum siap atas kenaikan harga BBM kapanpun juga, karena kenaikan akan memicu penurunan daya beli masyarakat.
  2. DPC PKS Pakem menyadari dan memahami bahwa kenaikan harga minyak dunia memang sangat memukul dan menguras APBN, tetapi PKS tidak bisa menerima kalau kesalahan pengelolaan energi kemudian secara instan di bebankan kepada rakyat.
  3. DPC PKS Pakem mengerti dan memahami bahwa rakyat kecil merupakan pihak yang memiliki persentase kecil dalam menikmati BBM subsidi, sebagian besar penikmat BBM bersubsidi adalah orang orang kaya, maka kami lebih sepakat adanya perbedaan harga antara rakyat menengah ke bawah dengan menengah ke atas, terkait mekanisme teknis sangat mudah menurut kami.
  4. DPC PKS Pakem ingin menunjukkan bahwa kita adalah partai yang tegas dan berdiri bersama rakyat kecil.

By : Indra JS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls